26.4.10

Kebutuhan Air pada Tubuh Manusia

Seperti kita ketahui bersama air sangat penting untuk kesehatan, dan tiap individu membutuhkan dalam jumlah yang berbeda.

Berapa banyak air yang diminum setiap hari? Sebuah pertanyaan mudah dengan jawaban yang sulit. Studi telah menghasilkan berbagai rekomendasi selama beberapa tahun belakangan ini, tetapi sebenarnya, kebutuhan air tiap orang sangat berbeda tergantung dari banyak faktor, termasuk kesehatan, seberapa aktif dan dimana Anda tinggal.

Komposisi tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air (cairan), yaitu sekitar 60-70 persen. Karena itu, air memegang peranan yang sangat penting dan tidak tergantikan. Air juga merupakan zat esensial yang tidak bisa disintesakan. Berbeda dengan senyawa lain, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Karena air tak bisa disintesakan, maka harus diperoleh dari luar tubuh.

Begitu pentingnya air bagi tubuh, maka tubuh harus memperoleh jumlah yang cukup setiap hari. Idealnya, dua liter per hari adalah jumlah total cairan yang harus masuk ke dalam tubuh. Yang dimaksud dua liter kadang disalahartikan dengan delapan gelas air minum. Padahal, dua liter adalah total cairan yang harus masuk ke dalam tubuh. Itu tidak harus dari air minum. Buah yang banyak mengandung air, juga bisa mencukupi kebutuhan air.

Kebanyakan dari kita, bisa dikatakan malas untuk mematuhi aturan 'batas minimal' kebutuhan air tsb. Saya sendiri dulu seperti itu. Akibatnya, sangat sangat merugikan saya, meskipun tidak sampai berakibat fatal, seperti gagal ginjal misalnya.

Untunglah sekarang, saya termotivasi untuk minum air lebih banyak. Minimal 2 ltr sudah saya penuhi setiap harinya, yaitu dengan rajin minum Teh concetrate (1.5 ltr sehari) ditambah dengan shake dan buah yang saya konsumsi, saya telah menyayangi tubuh saya.

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/1944277-kebutuhan-air-bagi-tubuh-manusia/
http://www.tempointeraktif.com/hg/tips_lebaran/2008/09/17/brk,20080917-135909,id.html

No comments:

Post a Comment